Kriminal

BNN Musnahkan Ladang Ganja di Aceh Besar

Lagi, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menemukan ladang ganja siap panen di Desa Pulo, Mukim Lamteuba, Kecamatan Seulimum, ....

Editor: Muliadi Gani
ANTARA/HO-BNN
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) memusnahkan ladang ganja siap panen di Desa Pulo, Mukim Lamteuba, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar di ketinggian 839 MDPL, Senin (19/9/2022). 

PROHABA.CO, LAMTEUBA - Lagi, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menemukan ladang ganja siap panen di Desa Pulo, Mukim Lamteuba, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar.

Ladang ganja seluas dua haktare dan berada pada ketinggian 839 mdpl itu ditemukan oleh Tim BNN pada Selasa, 13 September 2022.

Bekerja sama dengan Polda Aceh, Brimob, Kodim, Satpol PP, Bea Cukai, Kejaksaan Tinggi, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, serta BNN Provinsi Aceh, Tim Gabungan melakukan pemusnahan ladang ganja tersebut pada Senin (19/9/2022).

Baca juga: BNN Aceh Temukan 4,5 Ha Ladang Ganja di Lereng Gunung Seulawah, 95 Ribu Batang Ganja Dimusnahkan

Sebanyak 107 personel diterjunkan, termasuk personel dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Informasi Geospasial (BIG).

Pemusnahan ini dipimpin langsung oleh Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan MH.

Tim menyusuri lokasi yang jaraknya 6 km dari permukiman warga.

Total tanaman ganja yang berhasil dibabat mencapai 20.000 batang dengan tinggi tanaman ganja berkisar 200 cm.

Baca juga: BNN Kembali Bakar Puluhan Ribu Batang Ganja di Sawang Aceh Utara

Baca juga: Harga Minyak Anjlok, Investor Antisipasi Kenaikan Suku Bunga The Fed

Sedangkan berat tanaman ganja yang dimusnahkan diperkirakan mencapai 10 ton.

Keterlibatan BRIN dan BIG dalam pemusnahan tersebut menjadi bentuk dari sinergitas BNN RI terhadap upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia.

Disebutkan juga bahwa upaya yang tengah dilakukan BNN ini sesuai dengan Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman terhadap pelaku berupa hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

BNN berharap, dengan adanya pemusnahan ladang ganja ini, masyarakat semakin peduli terhadap aturan perundang-undangan yang melarang dengan tegas kepemilikan, penanaman, serta peredaran gelap tanaman ganja di Indonesia. (hd)

Baca juga: BNN Aceh Musnahkan 6.500 Batang Ganja, Ditanam di Lahan Seluas 3,5 Ha

Baca juga: BNN Musnahkan 2 Kg Sabu, Hasil Tangkapan di Bireuen dan Aceh Utara

Baca juga: Pemilik Ladang Ganja di Batu Itam Tapaktuan Diamankan, Ini Barang Bukti Yang Berhasil Disita Polisi

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved